Asma Nadia : Novelis berbakat Indonesia

Published by Wacaku on

https://www.femina.co.id/

Asma Nadia, siapa yang tak mengenal nama itu? Novelis berbakat yang sudah menghasilkan banyak karya yang dinikmati oleh masyarakat negeri ini. Bahkan ia sudah dikenal hingga kancah mancanegara.

Nama lahir Asma Nadia adalah Asmarani Rosalba. Asma Nadia Lahir di Jakarta, 26 Maret 1972. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Amin Usman dan Maria Eri Susanti. Asma Nadia dikenal sebagai pendiri Forum Lingkar Pena dan manajer Asma Nadia Publishing House.

Salah satu karyanya yang dikenal banyak masyarakat yaitu Surga yang Tak Dirindukan. Bahkan novel tersebut berhasil dingkat ke layar lebar.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesannya tersebut, ia harus melewati banyak perjuangan demi mencapai kesuksesannya tersebut.

Riwayat Pendidikan

Ia merupakan lulusan dari SMA 1 Budi Utomo, Jakarta dan melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) di Fakultas Teknologi Pertanian. Namun, dia tidak berhasil menyelesaikan bangku perkuliahan dikarenakan penyakit yang dideritanya.

Hal tersebut tidaklah membuat ia pantang menyerah dalam menulis. Tidak dapat menyelesaikan bangku perkuliahan tidak lantas membuat ia tidak belajar kembali. Ia tetap mengikuti les Bahasa inggris dan Bahasa Arab.

Karya Asma Nadia

Sebagian besar inspirasinya dalam menulis didapatkan dari pengalaman orang-orang terdekat ataupun curahan hati teman yang dikirimkan lewat email.

Sebelum ia mulai menulis novel, ia terlebih dahulu telah menulis lirik lagu pada usia balita yaitu Bestari I, Bestari II, Bestari III, Snada The Prestation, Air Mata Bosnia, Cinta Ilahi, dan Kaca Diri.

Bahkan ia juga menulis lirik lagu untuk soundtrack film yang berasal dari novelnya.

Berikut beberapa daftaar karyanya :

  • Assalamualaikum, Beijing!
  • Surga yang tak dirindukan
  • Salon Kepribadian
  • Derai Sunyi, novel yang mendapat penghargaan Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera)
  • Preh (A Waiting), naskah drama dua bahasa yang diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta
  • Cinta Tak Pernah Menari, kumpulan cerpen yang meraih Pena Award
  • Rembulan di Mata Ibu (2001), novel yang memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI sebagai buku remaja terbaik nasional
  • Dialog Dua Layar, novel yang memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI, 2002
  • 101 Dating: Jo dan Kas, novel yang meraih penghargaan Adikarya IKAPI, 2005
  • Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!, nonfiksi, best seller.
  • Emak Ingin Naik Haji: Cinta Hingga Tanah Suci yang diadaptasi menjadi film Emak Ingin Naik Haji dan sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekah
  • Jilbab Traveler
  • Muhasabah Cinta Seorang Istri
  • Catatan Hati Bunda
  • Jendela Rara telah diadaptasi menjadi film yang berjudul Rumah Tanpa Jendela
  • Catatan Hati Seorang Istri, karya nonfiksi yang diadaptasi menjadi sinetron Catatan Hati Seorang Istri yang ditayangkan RCTI
  • Serial Aisyah Putri yang diadaptasi menjadi sinetron Aisyah Putri The Series: Jilbab In Love

Prestasi yang Diraih

Prestasi dari seorang Asma Nadia tidak perlu diragukan lagi, terdapat beberapa deretan prestasinya yang sangat membanggakan. Ia sudah sering mengikuti berbagai perlombaan di tingkat nasional ataupun internasional dan berhasil menjadi pemenang.

Bukunya yang berjudul Rembulan di Mata Biru berhasil menjadi pemenang kategori Buku Remaja Terbaik tahun 2001. Dua karyanya yang lain pun berhasil masuk dalam antologi cerpen terbaik di Majalah Annida karena hal itu pula lah ia meraih penghargaan dari Mizan Award.

Beberapa karyanya yang berhasil diangkat ke industri perfilman di Indonesia meliputi Assalamualaikum Beijing, Surga yang Tak Dirindukan, Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, Emak Ingin Naik Haji, dan Rumah Tanpa Jendela.

Asma Nadia sempat diundang sebagai penulis tamu dalam acara Iowa International Writing Program  yang diadakan oleh Universitas Iowa, Amerika serikat. Ia juga sering melakukan perjalanan keliling Eropa dan menjadi pengisi seminar di berbagai kota di Eropa yaitu Manchester, Berlin, Jenewa, Newcastle dan Roma.

Sumber : https://bahasa.foresteract.com/biografi-asma-nadia/2/

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!