Ayo Mengenal Macam-Macam Genre, Sebelum Mulai Menulis

Published by Wacaku on

Bagi para Penulis wajib banget nih mengetahui macam macam Genre. Genre Itu apa sih? Genre adalah jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya.

Persiapan utama sebelum menulis cerita harus banyak membaca buku. Jangan hanya membaca satu jenis genre saja. KAlian perl banget untuk mencoba membaca semua jenis genre buku.

Apa aja sih Macam-macam Genre? Yuk simak pembahasannya.

http://www.pexels.com

Jenis – Jenis Genre

  1. Fiksi

Genre buku yang pertama adalah genre buku fiksi. Buku bergenre fiksi merupakan jenis buku yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran dan imajinasi para penulisnya. Buku bergenre ini baisanya merupakan sebuah buku yang isinya tidak berdasarkan dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya di dunia nyata. Buku-buku yang memiliki genre fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan imajinasi dan pikiran penulisnya.

Isi di dalam buku bergenre fiksi tidak harus harus dibuat sejalan dengan keadaan di dunia nyata. Banyak juga buku-buku fiksi yang isi atau ceritanya menyimpang atau menjadi mustahil bila terjadi di dunia nyata. Hal ini disebabkan karena semua ide cerita, latar dan kejadian yang diceritakan atau dituliskan semuanya berasal dari imajinasi dan pikiran penulis.

Beberapa buku fiksi juga biasanya berisi cerita ulang dari sebuah kejadian yang dibumbui oleh beberapa kejadian hasil dari imajinasi penulisnya.

2. Non Fiksi

Buku bergenre non-fiksi merupakan buku-buku yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian yang sebenar-benarnya. Dalam membuat sebuah buku bergenre non-fiksi diperlukan serangkaian kegiatan dan observasi. Tujuannya agar semua isi yang terdapat di dalam buku jenis ini dapat dipertanggungjawabkan.

Semua buku yang memiliki genre non-fiksi biasanya pasti memiliki data-data yang dituliskan berdasarkan fakta. Oleh karena itu, isi dari buku-buku non-fiksi biasanya akan dijadikan sebagai salah satu sumber informasi. Diantaranya adalah biografi, ensiklopedia, dan masih banyak jenis buku lainnya.

http://www.pexels.com

Jenis Genre Buku yang Termasuk ke Dalam Kategori Fiksi

Beberapa jenis genre buku yang termasuk ke dalam kategori fiksi, antara lain:

  • Horor

Genre horror merupakan salah satu bagian dari genre buku yang masuk ke dalam kategori buku fiksi. Genre horror baiasanya berisi cerita atau karangan yang terkesan mengerikan. Sehingga membuat para pembaca merasakan cerita yang dibuat seolah-olah mencekam.

Buku yang memiliki genre horror juga bisa memberikan sensasi kengerian dan ketakutan di kalangan pembacanya. Buku bergenre horror biasanya menceritakan mengenai kisah-kisah yang berhubungan dengan dunia gaib dan makhluk halus.

Sebuah buku bisa dikategorikan ke dalam genre horror apabila buku tersebut telah sukses membuat pembacanya merasa ngeri, ketakutan bahkan merasa diteror.

  • Fantasi

Genre fantasi adalah genre yang bercerita mengenai unsur-unsur magis atau supranatural. Buku yang memiliki genre fantasi  biasanya menceritakan mengenai hal-hal yang tak mungkin terjadi di dunia nyata. Semua karakter yang ada di dalam buku bergenre fantasi biasanya akan hidup di pikiran penulis dan pembacanya. Hal ini terjadi karena cerita yang dibuat berdasarkan dengan imajinasi dan fantasi penulis.

Dibutuhkan imajinasi yang kuat dan kreativitas yang sangat tinggi untuk menciptakan sebuah cerita yang memiliki unsur fantasi dan memiliki jalan cerita yang logis.

  • Sci-Fi

Genre ini merupakan genre science fiksi yang berisi mengenai cerita tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum ada di dunia nyata.

Biasanya buku bergenre ini akan menceritakan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat canggih yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia nyata.

Sama seperti buku yang membahas mengenai dunia fantasi, untuk membuat buku ini sangatlah dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan kreatifitas yang tinggi juga.

  • Romance

Buku bergenre romance merupakan salah satu jenis buku yang banyak peminatnya. Umumnya peminat buku ini adalah kalangan remaja. Cerita di dalam bergenre romance tidak selalu membahas mengenai kisah cinta dari awal cerita hingga akhir cerita. Namun,  juga menceritakan mengenai kisah seperti kekeluargaan, persahabatan dan masih banyak tema-tema lainnya yang bisa di tambahkan ke dalam cerita-cerita romantis ini.

Genre romantis biasanya memiliki diksi yang sangat khas. Diksi yang digunakan adalah diksi-diksi yang memuat kalimat puitis dan romantis yang membuat siapa saja merasakan betapa indahnya ketikaseseorang merasakan cinta. Pemilihan diksi bertujuan agar para pembanca dapat juga merasakan perasaan cinta yang dirasakan oleh tokoh yang sedang diceritakan.

  • Humor

yang memiliki genre humor adalah sebuah buku yang isinya akan lebih menekankan kepada unsur humor ataupun komedi. Buku bergenre humor biasanya lebih banyak dibuat untuk tujuan menghibur para pembacanya. Orang  yang membaca buku ini akan menjadi terhibur dan tertawa.

  • Misteri

Buku misteri tentunya sangat berbeda dengan buku yang memiliki genre horror. Buku bergenre misteri ini akan membuat para pembaca menjadi penasaran karena aka nada banyak sekali misteri yang ditutupi di setiap bagian ceritanya. nantinya misteri yang ditutupi tersebut akan terbuka dan terbongkar satu persatu hingga misteri tersebut menjadi jelas. Sedangkan buku bergenre horror akan membuat pembaca merasakan kengerian dan ketakutan.

  • Petualangan

Buku ini akan berisi mengenai sebuah perjuangan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang. Biasanya konflik yang muncul pada buku yang memiliki genre petualangan adalah konflik yang dapat membuat seseorang berubah menjadi lebih baik.

http://www.pexels.com

Jenis Buku yang Masuk ke Dalam Kategori Non-Fiksi

  • Biografi

Biografi merupakan sebuah jenis buku yang menceritakan mengenai kisah hidup sesorang. Biasanya, tokoh yang diceritakan pada buku biografi ini adalah tokoh-tokoh yang terkenal dan berpengaruh terhadap suatu keadaan, penemuan atau berpengaruh untuk sebuah kaum. Kisah yang diceritakan di dalam biografi merupakan kisah yang lebih kompleks dibandingkan dengan biodata tokoh tersebut.

  • Ensiklopedia

Buku ensiklopedia merupakan sebuah buku bergenre non-fiksi yang berisi mengenai ringkasan materi mengenai sebuah bidang ilmu pengetahuan tertentu. Ensiklopedia terdiri dari berbagai macam artikel atau tulisan ilmiah yang akan disusun secara urutan menjadi sebuah buku.

Umumnya, artikel atau tulisan tersebut akan diurutkan berdasarkan judulnya dengan menggunakan aturan pengurutan alfabet.

  • Jurnal

Jurnal adalah sebuah buku yang berisi kumpulan artikel-artikel atau tulisan ilmiah mengenai suatu bidang ilmu pengetahuan yang topiknya lebih spesifik.

Topik ilmu pengetahuan yang dibahas di dalam jurnal adalah topik yang sudah dikategorikan secara lebih spesifik. Untuk mendapatkan informasi dan data secara jelas dan benar, diperlukan banyak penelitian dan observasi sampai data dan informasi yang dijelaskan benar-benar memiliki nilai keakuratan dan kebenaran yang tinggi.

  • Kamus

Kamus berisi kumpulan kata-kata yang berjumlah ribuan bahkan milyaran yang akan dijelaskan berdasarkan maknanya. Kata-kata yang terdapat pada kamus umumnya akan diurutkan secara teratur sesuai dengan urutan abjad.

  • Filsafat

Buku filsafat adalah membahas mengenai masalah-masalah umum yang berisi persoalan akal pikiran, nilai moral, bahasa, ilmu pengetahuan, dan eksistensi.

Buku filsafat ini biasanya berisi pendapat para ahli yang akan mengupas dan menjelaskan secara tuntas mengenai hampir semua aspek kehidupan dan ilmu pengetahuan.

Nah itu dia macam macam genre yang bisa Kamu jadikan referensi untuk bahan bacaanmu di rumah.

Sumber : https://mikecarthy.com/macam-genre-buku/

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!