Yuk Mengenal Perbedaan Huruf Vokal dan Konsonan

Published by Wacaku on

Apa sih Huruf Vokal dan Huruf Konsonan?

Vokal merupakan huruf-huruf yang dapat berdiri tunggal dan menghasilkan bunyi sendiri. Huruf vokal terdiri atas: a, i, u, e, dan o. Huruf vokal sering pula disebut huruf hidup.

Konsonan  yaitu huruf-huruf yang tidak dapat berdiri tunggal dan membutuhkan keberadaan huruf vokal untuk menghasilkan bunyi. Huruf konsonan tersebut terdiri atas: b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z. Huruf konsonan sering pula disebut sebagai huruf mati.

Mengapa huruf vokal disebut huruf hidup dan huruf konsonan disebut huruf mati?

Huruf vokal disebut sebagai huruf hidup karena jika disatukan dengan huruf yang sama masih mampu menimbulkan bunyi yang jelas atau maknanya tidak membingungkan.

Sementara huruf konsonan disebut sebagai huruf mati karena jika disatukan dengan huruf yang sama, tidak mampu menimbulkan bunyi yang jelas atau maknanya membingungkan, sehingga huruf mati harus selalu dipadankan dengan huruf hidup.

Contoh Kata yang Mengandung Gabungan Huruf Konsonan dalam Kalimat

  1. Kampus itu terdapat kelas khusus bagi para karyawan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: khusus, gabungan huruf konsonan: kh)
  2. Air di ngarai itu tidak selalu tersedia. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ngarai, gabungan huruf konsonan: ng)
  3. Dia begitu senang tatkala mendapat hadiah tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: senang, gabungan huruf konsonan: ng)
  4. Adik selalu bangun pada jam empat pagi. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangun, gabungan huruf konsonan: ng)
  5. Semua peserta musyawarah antar warga telah berkumpul di balai desa. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: musyawarah, gabungan huruf konsonan: sy)
  6. Acara seminar itu dihadiri oleh banyak peserta. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: banyak, gabungan huruf konsonan: ny)
  7. Lukisan itu terlihat seperti nyata. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: nyata, gabungan huruf konsonan: ny)
  8. Kucing itu telah mencuri ikan asin di meja makan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: kucing, gabungan huruf konsonan: ng)
  9. Ujian akhir semester di kampus itu akan dilaksanakan pada hari Rabu besok. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: akhir, gabungan huruf konsonan: kh)
  10. Sejumlah syarat telah dibawa oleh para pelamar kerja ke perusahaan tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: syarat, gabungan huruf konsonan: sy)
  11. Tarikh merupakan salah satu cabang ilmu dalam agama Islam. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: tarikh, gabungan huruf konsonan: kh)
  12. Setiap aku bertemu anak itu, selalu terlihat murung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: murung, gabungan huruf konsonan: ng)
  13. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa indonesia (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangsa, gabungan huruf konsona: ng)
  14. Andi selalu memisahkan sebagian uang saku itu untuk ditabung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ditabung, gabungan huruf konsonan: ng)
  15. Candi itu memilik sebuah tangga di bagian dalam. (kata yang mengandng gabungan huruf konsonan: tangga, gabungan huruf konsonan: ng)

Contoh Huruf Vokal dalam Kalimat

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!