J.K Rowling, Penulis Kisah Harry Potter yang Melegenda

Published by Wacaku on

Para penggemar serial Harry Potter wajib membaca biografi J.K Rowling. Ya, J.K Rowling adalah penulis buku sekaligus pencipta karakter Harry Potter beserta tokoh-tokoh lainnya di dunia sihir.

Tanpa J.K Rowling, tidak akan ada Harry Potter, Hogwarts, dan kisah-kisah fantasi para penyihir di dalamnya.

J.K. Rowling dan para pemain Harry Potter

Sekilas Tentang J.K Rowling

Mari kita mulai membahas biografi J.K Rowling dengan mencari tahu latar belakangnya terlebih dahulu.

J.K Rowling adalah seorang novelis profesional. Ia terkenal setelah novelnya, Harry Potter, menjadi novel best seller di seluruh dunia.

J.K. Rowling

Sampai saat ini, J.K Rowling masih terus aktif menulis dan memproduksi novel-novel lain baik yang terkait dengan Harry Potter ataupun yang tidak.

Wanita lulusan Universitas Exeter, Inggris ini menjadi salah satu penulis buku terkaya di dunia setelah Harry Potter sukses terjual lebih dari 450 juta kopi dan diadaptasi menjadi film layar lebar.

Mari ulas lebih jauh mengenai kisah lengkap J.K Rowling dan perjalanannya dalam menulis novel Harry Potter.

Masa Kecil

Masa kecil J.K. Rowling

Nama asli J.K Rowling adalah Joanne Rowling. Ia tidak punya nama tengah dan huruf “K” di namanya adalah singkatan dari Katheleen, nama neneknya. Ia menggunakan nama J.K Rowling sebagai nama pena saja.

Ia lahir di Yate, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965. Ayahnya, Peter, adalah seorang teknisi pesawat terbang sedangkan ibunya, Anne, adalah seorang teknisi sains.

Rowling memiliki seorang adik perempuan bernama Dianne yang hanya 2 tahun lebih muda darinya.

Ia sangat dekat dengan adiknya tersebut. Saat pernikahan kedua orang tuanya berantakan, ia dan adiknya ikut dengan ibunya.

Masa remaja J.K Rowling terbilang tidak bahagia. Ibunya sakit-sakitan dan sang ayah tidak peduli pada keadaan keluarganya.

Rowling menjadi sangat benci pada ayahnya dan tidak saling bicara selama bertahun-tahun. Rasa tidak bahagia yang dirasakan oleh Rowling ia lampiaskan dengan cara menulis.

Selama masa-masa remaja, ia menulis beberapa novel meski tidak dipublikasikan. Pada saat usianya menginjak 25 tahun, ia pindah ke Portugal untuk mengajar Bahasa Inggris.

Di Portugal, ia bertemu dengan laki-laki yang akhirnya menjadi suaminya, meski pernikahannya ini tidak bertahan lama.

Hidup Serba Kekurangan

Dalam Biografi J.K. Rowling diketahui bahwa sejak perceraian dengan suaminya, JK Rowling menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi serba kekurangan.

JK Rowling kemudian memutuskan pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Disini Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi keluarganya.

Mulai Menulis Novel

Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah buku. Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai.

Ia tidak memiliki komputer, dan hanya memiliki mesin tik tua. Ia juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar fotokopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit.

Ia mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

Ditolak 12 Penerbit Buku

Ia menyerahkan naskahnya ke beberapa penerbit, sebanyak 12 penerbit menolak naskah yang ia buat, Setelah beberapa kali ditolak.

Penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya, akhirnya nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.

Novel Harry Potter Laku Keras

Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar “New York Times best-seller” setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya.

Kemudian, saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Harry Potter and the Sorcerer's Stone: Rowling, J.K., GrandPré, Mary:  0038332166576: Amazon.com: Books

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter : Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah memperoleh keuntungan lebih kurang 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa.

Pada Juli 2000, Harry Potter dan Piala Api telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah.

Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix telah mulai dipasarkan pada 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia setelah lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan.  Buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga telah diluncurkan secara resmi pada 16 Juli 2005.

Novel Harry Potter Diangkat Ke Layar Lebar

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone telah dibuat film yang mulai tayang pada 16 November 2001. Pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat, telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park (1999).

Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004.

Artikel diambil dari Biografiku.com. Silahkan di copy sebagai bahan referensi, Mohon cantumkan sumber : https://www.biografiku.com/biografi-jk-rowling.

Nah guys jadi tidak ada alasan lagi buat kalian untuk mulai menulis dan membuat karya yang dapat dinikmati oleh semua orang !!

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!