Social Media AU (Alternate Universe): Cara Unik Menyajikan Cerita

Published by Wacaku on

Apa sih AU itu? Kenapa bisa banyak banget peminatnya? Apa aja yang bikin cerita AU itu menarik banget di mata banyak orang? Simak penjelasan di bawah ini yaa!

Akhir-akhir ini, cerita Alternate Universe atau yang biasa disingkat dengan sebutan AU, telah menarik banyak banget antusias pembaca dari seluruh penjuru dunia. Kok bisa? Jelas bisa! Ada beberapa alasan kuat yang bikin AU begitu diminati.

1. Menggunakan public figure atau karakter dalam film/series sebagai tokoh-tokohnya

Ini alasan pertama kenapa banyak banget orang tertarik untuk baca AU. Bagi kalian yang sedang atau pernah berada di fase ngefans banget sama sesuatu, baik itu artis, film, atau series, pasti pernah ngerasain yang namanya excited banget sama hal apapun yang berbau artis/film/series yang kalian suka itu. Nah, ini dia daya tarik utama yang dimilikin cerita AU, yaitu tokoh-tokohnya menggunakan nama orang-orang yang sudah terkenal, contohnya kpop idols.

Makanya, cerita AU ini bisa menarik banyak pembaca, apalagi kalo fandom dari idol tersebut merupakan fandom besar, auto banyak banget deh tuh peminatnya. Bahkan, orang-orang yang biasanya gak suka baca pun, seringkali tertarik buat baca AU. Kenapa? Ya karena cerita yang mereka baca itu pake tokoh idola mereka atau tokoh kesayangan di film favorit mereka. Banyak orang yang susah buat nyelesain satu buku aja, tapi giliran baca AU bisa asik sampe subuh. It’s actually a good thing! Berarti, keberadaan AU ini juga bisa meningkatkan minat baca orang-orang kan? 😀

AU itu kan singkatan dari Alternate Universe, yang berarti “dunia lain” dari yang sebenarnya. Kenapa “dunia lain”? Karena yang terjadi di AU itu fiksi, gak benar-benar dialamin sama public figure atau karakter film aslinya. Contohnya, member boyband X tinggal di Indonesia dan bekerja sebagai pengacara. Jadi kalo lagi baca AU, jangan terlalu disangkutpautkan sama orang aslinya yaa! Misalnya ada karakter yang ngeselin, cukup kesel sama karakter di ceritanya aja oke? Jangan ikut kebawa kesel sama orang aslinya. Harus bijak juga yaa dalam membaca AU.

2. Cara penyajiannya yang unik dan gak ngebosenin

Cara penyajian AU itu unik banget, biasanya gak cuman full narasi kayak novel atau cerpen biasa. Ini juga salah satu yang bikin AU banyak peminatnya. Masih banyak orang-orang yang kurang betah untuk baca sekedar narasi yang panjang-panjang, tapi untuk AU, penyajiannya itu gak monoton. Cerita AU biasanya disampaikan dengan menyajikan screenshot dari chat atau postingan media sosial para tokoh cerita. Screenshot ini bisa berupa iMessage, line, WhatsApp, twitter, instagram, dan lain-lain. Kita bisa melihat interaksi antar tokoh dari screenshot-screenshot chat antar tokoh tersebut. Isi pikiran tokoh juga bisa dilihat dari postingan media sosial mereka, contohnya dengan si tokoh ngetweet tentang perasaan dia di akun privatenya.

Untuk menghasilkan social media AU ini bukan suatu hal yang mudah loh! Dibutuhkan aplikasi untuk bikin fake chat, contohnya Fake All dan Memi Message. Karena kebanyakan percakapannya disajikan lewat chat, bahasa yang digunakan juga bahasa yang kekinian, jadinya lebih fun untuk dibaca. Dalam setiap AU juga biasanya diselipkan jokes yang relate sama kehidupan kita. Meskipun lebih banyak disajikan berupa screenshot media sosial, tapi biasanya tetap diselipkan narasi di tengah cerita, buat ngejelasin adegan-adegan yang gak bisa dijelasin lewat media sosial doang.

3. Mudah untuk diakses

Kebanyakan penulis AU biasanya mem-posting karya mereka melalui twitter dalam bentuk thread, yang mana bisa mudah diakses dan dibaca oleh siapa saja. Karena melalui twitter, AU bisa diakses secara gratis, pembaca tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa menikmati AU yang berkualitas. Biasanya, para penulis akan merasa senang dengan respon yang diberikan para pembaca. Respon itu bisa diberikan melalui likes atau quote tweet, dengan begitu penulis jadi bisa lihat reaksimu terhadap cerita mereka.

Jadi sebisa mungkin, yuk kita berikan apresiasi kepada para penulis AU yang sudah susah payah menulis cerita. Oiya! Kita juga gak boleh terlalu menekan para penulis AU untuk update terus ya! Ingat, mereka juga punya kesibukan lain di luar menulis AU, sama seperti kalian. 😀

Gimana? Apa tanggapan kalian mengenai AU? Apakah kalian pembaca setia AU? Atau mungkin setelah baca artikel ini, kalian baru tertarik untuk ikutan baca? 😀

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!