Suzanne Collins : Penulis seri The Hunger Games dan The Underland Chronicles.

Published by Wacaku on

cr : https://abcnews.go.com

Siapakah Suzanne Collins

Suzanne Collins adalah seorang penulis Amerika yang menerbitkan buku debutnya, Gregor the Overlander, yang pertama dari lima Seri The Underland Chronicles, pada tahun 2003. Pada tahun 2008, buku pertamanya dari seri The Hunger Games diterbitkan. Trilogi terlaris ini diadaptasi menjadi serial film blockbuster yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen.

Sekilas tentang Suzanne Collins

Suzanne Collins anak bungsu dari empat bersaudara, lahir pada 10 Agustus 1962, di Hartford, Connecticut. Putri seorang perwira Angkatan Udara, Collins banyak berpindah tempat selama masa kecilnya, tinggal di tempat-tempat seperti Kota New York dan Brussel.

Bagi keluarga Collins, sejarah adalah topik yang sangat penting. Sebagian besar didorong oleh ayah Collins, yang mengajar sejarah di tingkat perguruan tinggi dan terbuka dengan anak-anaknya tentang pengalaman militernya, termasuk penempatannya ke Vietnam.

“Saya yakin dia punya rasa tanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya tentang perang,” kata Collins. “Dia sering membawa kami ke tempat-tempat seperti medan perang dan monumen perang. Jadi sepanjang hidup kami, pada dasarnya kami mendengar tentang perang. “

Akhirnya, Collins dan keluarganya berakhir di Selatan, di mana dia lulus sekolah menengah dari Sekolah Seni Rupa Alabama pada tahun 1980. Collins kemudian mendaftar di Universitas Indiana, di mana dia lulus pada tahun 1985 sebagai jurusan ganda di bidang teater dan telekomunikasi. Dia kemudian melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dalam penulisan dramatis dari Universitas New York.

Penulis Program Televisi

Setelah lulus sekolah, Collins pindah ke televisi, menulis untuk beberapa program televisi anak-anak, termasuk Clarissa Explains It All dan Little Bear. Karyanya untuk acara tersebut segera menarik perhatian James Proimos, pencipta program anak-anak WB Generation O!, Yang mempekerjakan Collins sebagai penulis utamanya. Penggemar berat tulisannya, Proimos yang mendesak Collins untuk mencoba menulis buku.

‘The Underland Chronicles’

Pada tahun 2003, Suzanne Collins menerbitkan Gregor the Overlander, buku pertama The Underland Chronicles. Buku itu menceritakan kisah seorang anak laki-laki dan penemuannya tentang dunia baru yang luas yang dia temukan ketika dia secara tidak sengaja jatuh melalui jeruji ruang cuci di gedung apartemennya di New York City.

Gregor menerima kesuksesan kritis dan menjadi buku terlaris New York Times. Seri Underland Chronicles terdiri dari empat buku tambahan: Gregor and the Prophecy Bane, Gregor and the Curse of the Warmbloods, Gregor and the Marks of Secret dan Gregor dan Code of Claw.

‘The Hunger Games’

Trilogi The Hunger Games lahir saat dia sedang menonton televisi pada suatu malam. Membolak-balik saluran, Collins tiba-tiba dikejutkan oleh adanya perbedaan antara reality TV dan liputan perang Irak.

The Hunger Games menceritakan tentang ‘pemberontak pahlawan wanita, Katniss Everdeen, yang tinggal di negara pasca-apokaliptik Panem, sebelumnya dikenal sebagai Amerika Utara. Di Panem, Hunger Games adalah acara tahunan di mana anak laki-laki dan perempuan bertarung sampai mati dalam pertempuran yang disiarkan televisi.

Bagi Collins, The Hunger Games dan buku-bukunya yang lain menyentuh pokok bahasan — perang yang perlu dan tidak perlu — yang sering didiskusikan ayahnya dengannya. “Jika kita memperkenalkan anak-anak pada ide-ide ini lebih awal, kita bisa berdialog lebih awal tentang perang dan mungkin itu akan menghasilkan lebih banyak solusi,” katanya.

Buku pertama seri, The Hunger Games, dirilis pada tahun 2008. Dua sekuelnya, Catching Fire dan Mockingjay, masing-masing diterbitkan pada tahun 2009 dan 2010. Serial ini menjadi sukses besar, terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Film

Versi film dari The Hunger Games, dengan skenario yang ditulis oleh Collins, dirilis pada tahun 2012. Dibintangi oleh Jennifer Lawrence sebagai Katniss, Josh Hutcherson sebagai Peeta Mellark dan Liam Hemsworth sebagai Gale Hawthorne, film ini meraup keuntungan kotor hanya di bawah $ 700 juta secara global.

Penghargaan

Sumber : https://www.biography.com/writer/suzanne-collins

Categories:

Avatar

Wacaku

Wacaku Official Account

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar

Contact Us

error: Eitsss Tidak Boleh!!!