Pedoman Monetize

Jadi Creator Di Wacaku Bisa Punya Pasif Income!

Mari kita dukung creator indonesia agar bisa membentangkan kreasinya dan menghasilkan karya anak bangsa yang luar biasa. Selain menyediakan ruang untuk membaca, sebagai platform buatan anak bangsa, Wacaku secara spesial memberikan wadah menulis untuk kamu para penulis Indonesia, agar dapat terus mengabadikan karyamu sepanjang masa. Yuk dukung karya anak bangsa dengan Wacaku, dan jadilah salah satu bagiannya!

Karya Novel/Puisi/Cerpen (Bab/Chapter)

Merupakan suatu bentuk karya yang berlanjut dengan total puluhan hingga ratusan Bab/Chapter sampai karya itu selesai.

penilaian
level

Point yang nilainya masih kurang dari yang telah disebutkan masih akan dianggap sebagai karya baru dan masih belum memiliki nilai yang bisa memenuhi syarat untuk APPLY Monetize dan kontrak karya yang masih berlanjut.

(Point didapatkan dari setiap visitor yang melihat atau membaca karya author dan juga dari total like dari setiap babnya)

 

Keuntungan Kontrak Karya 

1. Bonus Point

Para creator yang sudah memiliki kontrak juga akan mendapatkan bonus untuk setiap penambahan point yang diakumulasi dari hari terakhir creator mendapatkan bonus sebelumnya. Semakin tinggi tingkat karya creator, makan akan semakin tinggi pula pendapatan akhir yang dimiliki, yaitu:

 2. Pembagian Pendapatan Karya Novel/Bab (Next Phase)

Untuk setiap karya akan mendapatkan pembagian dari karya yang diterbitkan. Pendapatan akan dibagi menjadi 70% author dan 30% platform.

Bila karya author dapat dicetak , diadaptasi menjadi komik/webtoon/film, atau lainnya, untuk pembagian akan disesuaikan dengan yang tertulis dalam kontrak baru.

 3. Persyaratan untuk mendapat bonus point untuk karya on-going :

Author dari karya tersebut harus sudah Apply Monetize dan terverifikasi datanya, lalu menandatangani kontrak dengan pihak Wacaku.

Harus aktif untuk frekuensi update karya (1 bulan minimal dan 4 bab).

 4. Pemberhentian Pendapatan Karya Novel/Bab yang sudah TTD Kontrak

Jika author yang telah menandatangani kontrak karya untuk Monetize tidak melakukan update penambahan bab dalam 1 bulan, maka akan diberikan warning pertama. Jika sudah sampai 3 bulan author tidak aktif dalam menulis, maka bonus point akan diberhentikan, namun akan tetap mendapatkan bagian dari setiap periode berdasarkan total terakhir point karya yang mereka dapatkan (ini berlaku untuk semua tingkatan karya). Nantinya akan terdapat potongan untuk setiap karya yang sudah tidak ada update atau sudah tamat, dan besar potongannya pun akan berbeda untuk setiap tingkatan, tergantung pada tingkatan terakhir yang didapatkan oleh karya tersebut:

Grand Master 20%

Master 30%

Senior 40%

Junior 50 %

Newbie 60%

Ajukan Monetize dan Kontrak Karya 

Wacaku memberikan keuntungan untuk para creator dengan Apply Monetize dan dengan mengajukan kontrak untuk karya mereka. Adapun persyaratan minimum untuk mengajukan kontrak, yaitu sebagai berikut :

Total Keseluruhan Karya yang sudah memiliki minimal 50 bab/karya dan memiliki total 10 ribu kata/ 10.000 Point (Newbie).

Karya yang dibuat author harus berupa karya original, dan author memiliki hak cipta terhadap karya mereka yang bukan plagiat dari karya lain.

Kualitas karya : plot cerita, Pedoman Umum Bahasa Ejaan Indonesia (PUEBI), Development karakter utama.

Dalam 1 bab untuk novel disarankan memiliki minimal 1500-5000 kata per bab. 

Editor Wacaku memiliki wewenang penuh untuk menentukan apakah karya tersebut sudah memenuhi syarat untuk dapat menerima kontrak dan dipublikasikan.

Karya yang tidak bisa dikontrak oleh pihak wacaku :

 A. Karya yang sudah dikontrak atau dimiliki oleh platform lain.

 B. Karya Yang Melanggar Hukum (berbau politik atau menyudutkan pemerintahan).

Apabila suatu saat author terbukti melanggar persyaratan atau karyanya tidak sesuai dengan pedoman konten dan peraturan Wacaku, maka keuntungan pada karya tersebut akan langsung dibatalkan. Pihak wacaku akan meminta kembali semua keuntungan yang sudah didapat dari karya tersebut (kebijakan ditentukan oleh Wacaku). Pihak Wacaku juga akan memberikan author sanksi sesuai dengan seberapa besar pelanggaran yang dilakukan oleh karya tersebut.

Special Reward

Reward dari kontrak spesial akan dikirim pada bulan ketiga setelah menandatangi kontrak. Jika dalam 2 bulan (sebelum reward dikirim) karya tersebut naik tingkatan, maka reward yang dikirim menyesuaikan dengan tingkatan terbaru karya tersebut. Author yang mengajukan kontrak dan belum memenuhi syarat untuk mendapatkan Special Reward tetap berhak untuk mendapatkan reward dari bonus point.